Mengenai Saya

"Aku adalah aku, tidak ada yang bisa menjadi aku, tidak ada yg bisa menyamakan aku"

Selasa, 25 Januari 2011

Sikap dan Kepribadian

      Sikap dan kepribadian merupakan salah satu unsur yang terdapat pada manusia. Keberadaannya kadang terlihat seiring dengan perilaku kesehariannya, namun terkadang sulit juga ditebak. Dua hal ini merupakan masalah psikologi yang kompleks.
     
  Ketika seseorang mengatakan bahwa seorang itu mempunyai kepribadian tinggi kesan yang ditangkap masyarakat dari pernyataan itu tidak hanya menyangkut kepribadian itu sendiri, tapi juga berkenaan dengan sikap, sifat, dan keseluruhan tingkah laku. Singkatnya kalimat itu sering mendapat penafsiran sebagai menunjukkan identitas yang sebenarnya dari seseorang didalam pergaulan dan percakapan sehari-hari tidak jarang kita mendengar dan bahkan menggunakan kata pribadi atau kepribadian yang biasanya dikaitkan dengan pola-pola tingkah laku manusia yang berhubungan dengan norma-norma tentang baik dan buruk.     

   Dengan kata lain, kata pribadi atau kepribadian itu dipakai untuk menunjukkan adanya ciri-ciri khas yang ada pada seseorang hal ini sangat penting karena dengan kita mengetahui pribadi diri sendiri ataupun seseorang kita akan dapat merubah pribadi yang mungkin jelek ataupun bagi orang lain menjaga perasaan seseorang dalam pergaulan.

   Kepribadian dalam sudut pandangan saya bisa terlihat dari tutur bahasanya, pembawaan tingkah lakunya, bahkan mimik wajahnya ketika berbicara. Dan ada yang berpendapat bahwa "buah jatuh tak jauh dari pohonnya" menurut saya ada benar dan tidaknya. Sebab setiap manusia telah terlahir berbeda dengan lainnya. Pembentukan kepribadian berpengaruh pada apa yang diyakininya itu dari yang didengar, dilihat, dan dirasakannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar